Biar Tidak Bingung, Inilah Perbedaan Antara Hijab, Jilbab dan Kerudung

Jilbab, Hijab, Khimar dan Kerudung adalah beberapa kata yang berkaitan dalam menutup aurat seorang muslimah. Namun, pada kenyataannya masih banyak muslimah yang belum memahami betul tentang arti dari Jilbab, Hijab, Khimar dan Kerudung. Meski terlihat serupa, sebenarnya masing-masing istilah tersebut memiliki perbedaan dalam hal makna dan penggunaannya.

Banyak di antara kita yang belum mengetahui apa perbedaan dari Jilbab, Hijab, Kerudung, dan lainnya. Sehingga mereka menilai semua istilah tersebut memiliki makna sama yaitu penutup kepala. Padahal jika dilihat dari dari makna dan penggunaanya sungguh sangatlah berbeda.

Dilihat dari perkembangan trend fashion para wanita muslim yang sudah banyak menggunakan pakaian muslimah, semakin pesat pula perkembangan hijab yang turut digandurungi penduduk mayoritas muslim di Indonesia. Baik itu hanya sekedar ikut-ikutan trend fashion, atau memang benar-benar murni menjalankan perintah Allah dalam menutup aurat.

Fenomena ini akan bertambah baik jika para wanita mampu memahami pengertian aurat dan bagaimana menutup aurat dengan sempurna serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu agar para wanita muslim mampu menjalankan dan mengamalkan syariat berkerudung sesuai fungsi dan ajaran yang tepat, pada artikel kali ini kita akan membahas satu-persatu perbedaan dan pengertian dari jilbab, hijab, kerudung dan penutup aurat lainnya.

Hijab

hijab

Hijab dalam artian bahasa arab berarti penghalang, akan tetapi dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. Kebanyakan orang berpendapat kalau hijab itu adalah jilbab, namun tidak semua hijab sama dengan jilbab. Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa brupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Selain itu kata hijab yang berasal dari kata hajaban memiliki artian menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu.

Jilbab

jilbab

Jilbab sering disebut juga kerudung, tetapi pengertian sebenarnya dari jilbab adalah kain mengulur yang menutupi seluruh tubuh dari bagian atas hingga mata kaki yang memiliki syarat tidak ketat artinya tidak membentuk lekukan tubuh, dan tidak pula berbayang atau transparan yang kebanyakan orang menyebutnya dengan gamis atau jubah. Pemakaian jilbab hukumnya adalah wajib dan merupakan keharusan pasti atau mutlak bagi wanita muslim. Menurut bahasa arab jilbab dapat diartikan sebagai pakaian yang luas dan lapang, dapat menutup aurat wanita, kecuali muka dan kedua telapak tangan hingga pergelangan saja yang boleh ditampakan.

Kerudung / Khimar

khimar / kerudung

Desain kerudung biasanya hanya sebagai penutup kepala atau leher saja. Jenis penutup aurat yang hampir sama dengan kerudung adalah khimar. Namun yang dapat dijadikan pembeda dari khimar yaitu pakaian yang di desain menutupi kepala, leher dan menjulur sampai menutupi dada wanita dari belakang maupun depan (termasuk menutupi tulang selangka). Pada khimar biasanya tidak dapat diikatkan pada leher seperti layaknya kerudung, selain itu pengertian lainnya dari khimar yaitu tudung yang menutupi kepala hingga dada saja.

Cadar, Niqab, Burqa

niqab dan burqa

Cadar adalah istilah umum untuk kain hijab penutup wajah. Detailnya dibedakan antara niqab dan burqa. Kalau niqab adalah hijab yang menutupi kepala, leher dan muka namun tetap memperlihatkan mata. Biasanya penutup mukanya terpisah dengan jilbab yang dikenakan. Sedangkan burqa merupakan hijabab yang menutupi kepala, leher dan mata, sehingga tidak ada bagian tubuh yang tampak. Biasanya pada bagian mata terdapat kain yang memiliki lubang kecil untuk melihat.

Nah.. itu lah beberapa perbedaan yang dapat anda ketahui dari jilbab, hijab dan kerudung, selain pengetahuan dan fungsi dari ketiganya ada pula pakaian-pakaian wanita muslimah lainnya seperti mukena. Mukena adalah pakaian wanita muslimah yang digunakan untuk beribadah kepada Allah atau shalat. Mukena dalam bahasa arab yaitu berasal dari kata muqna’ah atau miqna’ah yang dapat diartikan juga sebagai kain selubung atau baju kurung.

Di Indonesia sendiri, yang memang mayoritas penduduknya muslim sudah mulai menyadari akan pentingnya menutup auratnya. Entah itu trend atau memang kesadaran pribadi, namun menutup aurat dengan penutup kepala sudah mulai berkembang di Tanah Air. Dan wanita muslim hendaknya mampu menjalankan dan mengamalkan syariat berkerudung sesuai fungsi dan ajaran yang tepat. Termasuk dalam hal ini mampu membedakan pengertian dari Hijab, Jilbab, Khimar dan Kerudung.

Sumber : Zia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *