Haid Sering Tidak Lancar? Hati-hati, Segera Lakukan Hal Ini Sebelum Terlambat

Siklus haid tidak teratur dapat menjadi masalah yang sulit untuk disembuhkan, hal ini disebabkan karena hormon wanita dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang berbeda dari sistem tubuh. Periode haid yang tidak terjadi selama jangka waktu tertentu merupakan suatu kondisi yang relatif umum yang diderita oleh wanita dewasa. Wanita dengan haid tidak teratur lebih banyak dibandingkan wanita dengan haid normal.

Hipotalamus dan otak, hipofisis, ovarium, adrenal dan tiroid kelenjar berperan dalam membantu mengatur menstruasi dan mengatur keseimbangan hormon alami, selain itu Anda harus memperhatikan kebiasaan gaya hidup yang mempengaruhi peningkatan hormon negatif dalam tubuh. Wanita dengan siklus haid teratur, ovarium yang normal akan melepaskan satu sel telur setiap 25-28 hari. Waktu rata-rata dari siklus menstruasi bervariasi tergantung pada wanita terutama selama masa pubertas dan periode perimenopause, kebanyakan wanita akan mendapatkan menstruasi mereka setiap bulan ketika sedang dalam keadaan sehat.

Ketika seorang wanita berhenti menstruasi, yang disebut “amenore”, ini menunjukkan bahwa ini merupakan indikasi yang kuat bahwa adanya gangguan pada siklus menstruasi mereka. Amenore digolongkan menjadi amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer terjadi ketika seorang wanita muda tidak pernah mendapat haid pada masa pubertas, sedangkan amenore sekunder terjadi ketika seorang wanita telah sudah mendapatkan menstruasi, tetapi berhenti mendapat menstruasi bulanan selama tiga bulan atau lebih.

Haid yang tidak sakit setiap bulan merupakan indikasi yang baik yang menunjukkan bahwa hormon seimbang dan sistem reproduksi bekerja dengan benar. Sebaliknya, haid tidak teratur, siklus menstruasi yang tidak lancar, atau haid yang sakit dan gejala pra-menstruasi yang intens merupakan tanda bahwa satu dari hormon tidak bekerja dengan baik atau terlalu tinggi.

BAHAYA HAID TIDAK TERATUR

Banyak wanita memilih untuk tidak mengkonsultasikan masalah haid tidak teratur mereka dengan dokter. Hal ini merupakan risiko besar mengingat fakta bahwa terdapat hormon tidak teratur dan amenore yang terkait dengan sejumlah kondisi serius, termasuk peningkatan risiko untuk osteoporosis, penyakit jantung, infertilitas dan komplikasi terkait hormon lainnya. Perubahan metabolisme mempengaruhi tulang dan kesehatan jantung, meningkatkan risiko osteoporosis dan penyakit jantung koroner. Nah berikut 5 bahaya yang perlu kita waspadai jika menstruasi tidak teratur seperti dikutip ledisia. Jika ini dilakukan sejak dini, insya Allah bisa terhindar dari penyakit berbahaya di kemudian hari.

lakukan pencegahan dini sebelum terlambat

1. Penyakit kista ovarium bisa membuat rahim mengalami gangguan. Konsultasi ke dokter sejak awal perlu dilakukan sebelum kista membesar dan mengganggu kesuburan.

Kista adalah tumor jinak berisi cairan kental, yang biasanya ditemui pada organ reproduksi wanita. Ukurannya bermacam-macam. Ada yang seukuran kacang, bahkan sebesar buah kelapa. Pada dasarnya, kista ovarium jarang menyebabkan gangguan menstruasi. Tapi ada juga yang melaporkan menstruasi tidak teratur dan terlambat gara-gara bersarangnya kista di bagian folikel ini. Jika rasa nyeri sering dirasakan di setiap datangnya menstruasi, ada kemungkinan kista tersebut membesar. Artinya, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Jika perlu, operasi akan dilakukan untuk membuang kista tersebut supaya tidak telanjur membesar dan mengganggu kesuburan.

2. Sindrom ovarium polikistik tidak hanya mengganggu kesuburan Anda. Secara fisik, penampilan Anda bisa tak enak dilihat gara-gara tumbuhnya bulu lebat dan jerawat di muka.

Sindrom ovarium polikistik terdapat pada rahim dan mengurangi tingkat kesuburan. Selain menstruasi tidak teratur dan jumlah darahnya juga sedikit, gejala fisik seperti tumbuhnya bulu lebat, wajah berminyak, dan berjerawat juga terjadi. Ini karena meningkatnya hormon androgen (dikenal sebagai hormon perkembangan pria) dalam tubuh wanita. Sindrom ini dapat meningkatkan resiko kanker endometrium bila jarak antar periode menstruasi berlangsung lebih dari 60 hari. Pengobatan atas penyakit ini cukup banyak dan tergantung pada kondisinya. Mulai dari operasi hingga pengobatan jangka panjang adalah solusi penyembuhannya.

3. Ada pula yang namanya polip rahim. Meskipun merupakan tumor yang jinak, Anda tetap perlu mewaspadainya sebelum berubah ganas.

Polip adalah tumbuhnya jaringan dari lapisan organ tertentu ke dalam rongga tubuh. Tentu saja tumbuhnya polip ini menciptakan sebuah benjolan. Pada kasus polip rahim, arah pertumbuhan benjolan ada dalam rongga rahim. Tapi, polip juga bisa ditemui pada mulut rahim atau serviks dan menyebabkan perdarahan setelah berhubungan suami istri. Meskipun polip merupakan tumor jinak, ada baiknya Anda mewaspadainya sebelum menjadi ganas. Tak cuma membuat siklus menstruasi Anda tak teratur, masalah kesuburan juga bisa dihadapi. Jika menstruasi datang di saat yang tidak pasti, akan sulit bagi Anda untuk mengetahui kapan ovulasi tiba.

4. Kanker serviks dapat menimbulkan perdarahan usai berhubungan suami istri. Dengan pemeriksaan pap smear setahun sekali saja, kanker ini bisa dicegah sebelum menghalangi kesuburan.

Bila terjadi perdarahan usai hubungan suami istri, usahakan secepat mungkin Anda mengunjungi dokter. Gejala ini bisa saja menunjukkan kalau Anda terkena kanker serviks. Oleh karenanya, cara terbaik untuk mendeteksi kanker serviks stadium awal adalah dengan pemeriksaan leher rahim atau pap smear. Lakukan sekali saja dalam setahun, sudah cukup untuk mendeteksi adanya potensi-potensi kanker serviks yang bisa mengganggu kesuburan Anda.

5. Hindarilah gaya hidup yang tidak sehat. Jika ini dilanggar, menstruasi tidak teratur bisa datang dan menyebabkan potensi kanker rahim yang gawat.

Kanker rahim diawali dengan siklus menstruasi yang jarang. Ia sering ditemui pada wanita dengan faktor resiko infertilitas (usia yang sudah tak subur, sering merokok dan minum alkohol, serta berat badan dianggap tidak sehat) dan penderita diabetes melitus. Pada wanita yang belum mengalami menopause, kanker ini turut menyebabkan perdarahan di luar siklus menstruasi.

CARA MENCEGAH HAID TIDAK TERATUR

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah haid tidak teratur dan strategi supaya haid kembali teratur. Faktor yang paling berpengaruh adalah dengan perubahan gaya hidup. Berikut ini perubahan gaya hidup yang harus diubah menurut klinikgracia:

hindari pemakaian baju dan celana ketat sehari-hari
  1. Mengurangi Stres. Stres disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Terlalu stres menyebabkan haid tidak teratur karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit terkait stres. Lakukanlah latihan kompetitif dengan intens, jangan terlalu keras saat bekerja, istirahat dan tidur yang cukup karena istirahat dan tidur sangat penting untuk keseimbangan hormon.
  2. Menjaga Pola Makan. Mengkonsumsi makanan yang banyak  mengandung asam lemak berpengaruh pada produksi hormon. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat yang dapat dikonsumsi antara lain: minyak kelapa,kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, ikan seperti salmon, dll. Selain itu probiotik juga dapat membantu tubuh Anda dalam memproduksi vitamin tertentu yang mempengaruhi kadar hormon seperti insulin. Beberapa makanan probiotik dan suplemen tersebut antara lain susu kambing, yoghurt, kaldu tulang, dan sayuran yang difermentasi.
  3. Melakukan Latihan Rutin. Latihan dilakukan untuk mengendalikan kortisol dan hormon stres. Jika Anda mengalami masalah haid tidak teratur lakukanlah latihan-latihan sebagai cara untuk mengurangi stres. Yoga, dance, latihan ketahanan cahaya dapat dilakukan selama 30-45 menit setiap hari, tetapi jangan lakukan lebih dari satu jam karena dikhawatirkan akan memicu masalah pada menstruasi.
  4. Pakailah Pakaian Dalam Nyaman. Pakaian dalam seperti bra dan celana dalam sebaiknya pilih dengan menggunakan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu juga ukurannya jangan yang terlalu kecil dan ketat ini akan menjadikan kegiatan saat haid lebih mudah dan nyaman. Memakai bra yang nyaman dan longgar juga bisa mengatasi mengurangi nyeri pembengkakan dikarenakan gejala dari PMS.

 

RAMUAN HERBAL UNTUK MENGATASI HAID TIDAK TERATUR

Untuk mengatasi haid tidak lancar, biasanya diberikan penambahan jenis hormon tertentu sehingga hormon tubuh menjadi seimbang. Di sini kita membahas cara alami, tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut tips dari rinaafrini sebagai obat untuk melancarkan haid secara tradisional dengan obat-obatan herbal dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

lancarkan haid dengan jus herbal sehat
  1. Jus Lidah Buaya. Banyak sekali senyawa yang terdapat di dalam lidah buaya. Hampir semua jenis vitamin dikandung di dalamnya, enzim anti peradangan dan 20 jenis asam amino. Selain untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati diabetes, lidah buaya punya peranan dalam mengobati menstruasi tidak lancar.
  2. Jus Pepaya. Minum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan, dapat memperlancar menstruasi. Untuk menghilangkan nyeri haid, sediakan selembar daun pepaya, buah asam dan garam. Setelah semua bahan dicuci, rebus bersama air hingga mendidih. Minum airnya selagi hangat.
  3. Sering makan Buah Anggur. Anggur kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, anggur juga punya kemampuan untuk memperlancar haid.
  4. Jus Labu. Meskipun sedikit pahit, labu bermanfaat untuk mengatasi terlambat datang bulan.
  5. Biji Wijen. Untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur dapat menggunakan biji wijen. Rendam bijinya ke dalam air hangat selama semalaman. Ketika anda bangun di pagi hari, minumlah airnya selagi perut kosong. Lakukan cara ini selama seminggu sebelum datang bulan. Pilihan lain yang lebih mudah adalah dengan sering makan onde-onde.
  6. Cuka Apel. Anda dapat menambahkan cuka apel pada buah, sebagai salad untuk dimakan. Cara yang lebih sederhana adalah dengan menyeduhnya ke dalam air hangat, kemudian diminum. Konsumsi cuka apel dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Cuka apel juga baik untuk sistem pencernaan, serta menjaga kadar gula darah.
  7. Jeruk Nipis. Campur 2 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Kemudian seduh bersama 1 ½ cangkir air sambil diaduk hingga merata. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.
  8. Daun Srigading. Sediakan bunga dan daun srigading, 2 kuntum bunga kusumba kering, ¾ sdt jintan hitam, ½ sdt adas, ½ jari pulosari, 2 buah jeruk nipis yang diperas, gula batu secukupnya. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong-potong, rebus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing sebanyak ¾ gelas.

 

Selain dengan menggunakan bahan alami yang disebutkan, anda perlu melakukan olahraga secara teratur. Renang dan jogging dapat memperlancar sirkulasi darah, serta menurunkan kadar insulin di dalam darah sehingga mencegah terlambat haid. Demikian artikel ini membahas tentang bahaya haid tidak teratur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang bahaya dan pencegahan lebih dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *