Kabar Angelina Sondakh Di Penjara Yang Kini Berhijab Dan Hafal 15 Juz Alquran

Penjara, terkadang adalah tempat memperbaiki diri yang sangat ampuh bagi seseorang. Hal itu sebagaimana yang dialami Angelina Sondakh. Untuk diketahui, wanita kelahiran Australia, 28 Desember 1977 itu memiliki nama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh, yang berasal dari keluarga Kristen yang taat. Ia merupakan putri dari pasangan Prof Dr Lucky Sondakh dan Sjul Kartina Dotulong.

Meski sejak kecil menganut agama Kristen dan sekolah di lingkungan Kristen, Angie kemudian memutuskan menjadi mualaf, ketika menikah dengan Adjie Massaid. Mantan Puteri Indonesia tahun 2001 itu harus menghadapi ujian berat bertubi-tubi, setelah sang suami tercinta, Adjie Masaid wafat, ia harus mendekam di terali besi sejak tahun 2012 silam. Awalnya, Mahkamah Agung memvonis Angelina dengan hukuman 12 tahun penjara karena terjerat kasus korupsi. Namun di awal 2016 kemarin, bebannya diringankan sehingga jadi 10 tahun saja.

Memutuskan Hijrah Dan Mantab Berhijab

Di dalam penjara ternyata cara Allah menyampaikan hidayah untuknya. Bukan malah menjadi hukuman, tapi seperti jalan terang. Allah menyelamatkan dia dari godaan dunia yg fana. Angie kini justru menjadi sosok yang lebih religius. Tak hanya mulai menutup aurat dengan hijab, Anggie kini juga rajin membaca Al Quran.

“Seorang Anggelina Sondakh, mualaf, sudah 4 tahun menjalani kehidupan di penjara, saya salut dengan dia yang sekarang menjadi sangat religius, khatam Alquran berkali2, fasih membaca huruf Arab, sering menjadi imam sholat, dan tertutup rapat dengan jilbab. MasyaAllah.. Ketika Allah menjamah umatnya dengan hidayahNya (di dalam keburukan pasti ada kebaikan, kita tdk pernah tau maksud Allah kepada umatNya)..” tulis sahabatnya Maia Estianty dalam akun instagram @maiaestiantyreal saat menjenguknya tahun lalu.

Sudah Hafal 15 Juz Dan Menjadi Guru Ngaji

Kabar terkini yang ditulis oleh mbak Tri Widayanti dalam akun Facebooknya, Angelina Sondakh sudah hafal 15 juz Al-Qur’an. Bahkan menjadi guru ngaji disana mengajari penghuni lapas lain membaca dan menghafal Al-Qur’an. Lihatlah bagaimana seorang narapidana yang dianggap hina oleh manusia, Allah muliakan ia dan mengangkat derajatnya dengan Al-Qur’an.

“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seseorang dengan kitab ini (Al Qur’an) dan merendahkan yang lain dengan kitab ini pula.” (HR. Muslim no. 817)

Seringkali diri ini suka ngecap orang lain buruk. Padahal berkacalah, adakah diantara kita yg yakin tak punya dosa sampai detik ini? Allah menghinakan Angelina Sondakh sehina hinanya, dan Allah pula yg mengangkat derajatnya. Jangan sombong atas amal amal sholeh kita hari ini. Merasa diri lebih baik dari oranglain. Padahal Allah sedang menutup aib aib kita. Dan sampai detik ini kita tidak sadar amal habis karena perbuatan kita sendiri.

Kejahatan yang ia lakukan di masa lalu sudah ia tebus dengan hukuman dan pertaubatan. Sosok Angelina Sondakh yang dulunya dianggap seburuk-buruknya manusia, mungkin kini sebaliknya. Sebagimana yang Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan, “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan yang mengajarkannya” (HR. Bukhari)

Kita do’akan semoga mbak Angie bisa istiqomah dalam kebaikan, bahkan sampai nanti sudah keluar dari masa hukuman dan bisa berkontribusi untuk umat. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *