Lakukan Hal Ini Supaya Setan dan Jin Pergi Dari Rumah Kita

Allah menciptakan mahkluk-Nya dengan tujuannya masing-masing. Mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan yang saling berhubungan di muka bumi. Kemudian ada pula malaikat, dan jin, serta setan yang berwujud ghaib. Kita tidak perlu khawatir dengan malaikat, karena  pada dasarnya malaikat adalah mahkluk yang taat kepada Allah dan tidak akan pernah mengganggu manusia. Bahkan keberadaannya seringkali mendatangkan rahmat dan keberkahan di suatu tempat. Namun, selain malaikat ada mahkluk gaib lainnya, seperti setan, jin, atau iblis. Tidak seperti malaikat yang sangat taat kepada Allah setan, iblis, dan jin terkadang atau seringkali mengganggu manusia. Jin  dan setan seperti yang kita tahu dan imani, bahwa mereka ada hidup di sekitar kita. Hanya saja jin diberi kelebihan oleh Allah tabaraka wa ta’ala tidak terlihat oleh mata manusia.

Seringkali kita mengetahui ada rumah yang sangat megah dan juga besar, namun ketika kita memasukinya yang terasa hanyalah hawa dingin dan seakan mencekam hingga terasa tak nyaman. Apakah benar kita ingin mempunyai rumah yang meskipun besar namun terasa sempit dan menyesakkan? Atau rumah yang penuh dengan berkah dan juga hawa ceria di dalamnya? Boleh jadi rumah yang membuat gelisah tersebut adalah rumah yang dipenuhi oleh syetan dan jin. Jangan sampai mereka sering berkumpul di rumah kita, sehingga malaikat akan malas untuk berkunjung dan memberi rahmat Allah kepada keluarga kita.

Memang tidak semua dari mereka mengganggu, tapi kadang ada saja jenis mahkluk gaib yang suka mengganggu manusia. Bahkan keberadaan mereka bisa sangat menggangu, mulai dari membuat bau-bauan aneh, membuat barang-barang menghilang atau bergerak sendiri, hingga yang paling seram menampakkan diri dengan bentuk yang menyeramkan, hingga merasuki kita atau kerabat kita. Lalu bagaimana caranya agar rumah terbebas dari hal-hal seperti itu? Salah satunya adalah dengan memperbanyak ibadah dan amalan shalih, serta membaca doa mengusir setan atau jin.

10 Amalan yang Membuat Rumah Dijauhi Jin dan Setan

1. Baca Basmallah setiap masuk rumah dan makan. “Jika seseorang masuk ke dalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah setan: ‘Kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apabila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka setan berkata : ‘ kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih)

2. Turunkan semua pajangan foto, patung, gambar, lukisan (mahluk bernyawa). Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Jibril alaihissalam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab, “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5270)

3. Usir anjing di sekitar rumah. Jangan biarkan anjing masuk rumah. Dari Abu Thalhah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar.” (HR. Muslim). Memelihara anjing yang tidak digunakan sebagai anjing penjaga atau anjing pemburu akan mengurangi pahala kita per harinya.

4. Bila berjunub maka segeralah bersuci / mandi besar. Jangan suka menunda mandi junub, meskipun misalnya suami istri setelah berhubungan di malam hari dan sudah terlalu letih untuk mandi, setidaknya berwudhulah sebelum tidur. Dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Malaikat tidak masuk rumah yang padanya terdapat gambar dan anjing serta orang yang junub.” (HR. An Nasa’i)

5. Jangan ada bunyi-bunyi lonceng di dalam rumah. Biasanya ada beberapa rumah atau bahkan masjid, yang jam dindingnya berbunyi lonceng setiap jamnya untuk menandakan waktu. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Lonceng itu adalah seruling setan.” (HR. Muslim no. 5514). Termasuk lonceng kecil sekalipun. Masih dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, ia memberitakan sabda Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, “Para malaikat tidak akan menyertai perkumpulan/rombongan yang di dalamnya ada anjing atau lonceng (yang biasa dikalungkan di leher hewan, pen.).” (HR. Muslim no. 5512)

6. Tutup pintu dan jendela dengan membaca Asma Allah saat maghrib. Rasulullah bersabda: “Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi-bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu. Jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah. Dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah. Meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.” (HR. Muslim)

7. Membaca Al-Baqarah secara rutin di dalam rumah. Abu Hurairah berkata: Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah laksana kuburan, karena sesungguhnya syetan akan lari (kabur) dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah.” (HR. Muslim). Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang dalamnya dibacakan surat al-Baqarah. Sesungguhnya rumah yang kosong adalah rumah yang hampa dari kitab Allah (al-Quran).” (HR. an-Nasai)

8. Membaca zikir pagi dan petang. Dalam hadits disebutkan  bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini dalam sehari sebanyak 100 x, maka itu seperti membebaskan 10 orang budak, dicatat baginya 100 kebaikan, dihapus baginya 100 kesalahan, dirinya akan terjaga dari gangguan setan dari pagi hingga sore hari, dan tidak ada seorang pun yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali oleh orang yang mengamalkan lebih dari itu.  (HR. Bukhari)

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa Ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiiru. “Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Milik Allah kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.”

9. Membaca Ayat Kursi. Seperti yang ada dalam kisah sahabat Abi Usaid Al Sa’idi. Saat kurma hasil panennya dicuri oleh setan yang menjelma berwujud manusia. Abi Usaid berhasil menangkapnya dan akan membawa setan itu kepada Rasulullah. Karena ketakutan, setan itu berkata: “Demi Allah akan kubuat perjanjian denganmu, aku tidak akan datang dan mencuri kurma dari rumahmu lagi. Akan aku tunjukkan satu ayat yang jika engkau membacanya di dalam rumahmu, tidak ada tempat bagiku untuk berlindung. Jika engkau membacanya di tempat makanan dan minuman, maka bangsaku tidak akan dapat menyentuhnya,” ujar setan yang semakin ketakutan terhadap ancaman Abi Usaid. “Ayat apa yang engkau maksud?”tanya Abi Ubaid penasaran. “Ayat yang kumaksud adalah ayat kursi,”jawab setan itu.

10. Perbanyak ibadah shalat sunnah di dalam rumah. Seperti shalat Dhuha, Tahajud, Witir dan shalat Rawatib. Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bila seseorang dari kalian selesai shalat di masjid, hendaknya ia menjadikan sebagian shalat di rumahnya, sebab Allah menjadikan kebaikan dari shalatnya di rumahnya.” (HR Muslim no. 778)

One thought on “Lakukan Hal Ini Supaya Setan dan Jin Pergi Dari Rumah Kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *