Masuk Kamar Mandi, Kenapa Berdoa Minta Perlindungan Dari Jin Perempuan?

Saat hendak memasuki kamar mandi atau toilet hendaknya kita berdoa agar selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT dan dihindarkan dari hal-hal buruk yang seharusnya tidak terjadi. Maka dari itu kita harus selalu mengucapkan do’a ketika hendak memasuki atau keluar dari kamar mandi.

Kita harus senantiasa membaca do’a karena seperti yang kita ketahui bahwa syetan dan jin selalu mengikuti kita kemana kita pergi. Maka dengan membaca do’a maka mereka akan pergi dan tidak mengikuti kita khususnya pada saat kita melakukan aktivitas di kamar mandi.

Pada saat kita mandi atau ingin kencing, tentunya kita dalam keadaan telanjang. Dengan berdo’a, maka Aurat kita tidak akan terlihat oleh syetan dan jin. Dan dengan berdo’a juga maka kita akan terhindar dari perbuatan buruk.

Ketika berada di kamar mandi tentu kita melakukan sesuatu seperti “BAB, kencing dsb” kegiatan tersebut adalah membuang kotoran yang ada di dalam tubuh kita.

Maka hendaknya setelah melakukan itu dan saat kita keluar dari kamar mandi, kita mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT karena telah memberi kita kesehatan dan telah menghilangkan kotoran dan penyakit dari dalam tubuh kita. Allah akan senantiasa menambah nikmat orang yang mensyukuri nikmat yang ia berikan.

Doa masuk kamar kecil (toilet)

Untuk melafalkan doa masuk kamar mandi ini sangat lah mudah, hanya satu ayat aja kalian sudah Bisa memohon perlindungan terhadap Allah.

Seperti yang kalian ketahui bahwa arti dari doa masuk kamar mandi ini tak mungkin tak mempunyai unsur kebaikan untuk kalian di dalamnya.

Arti dari surat ini yaitu seperti ini, Ya Allah lindungilah diriku dari segala macam godaan bagus dari syetan laki-laki ataupun syetan perempuan.

Anemia lebihnya doa Itu mempunyai arti yang seperti sudah di jelaskan di atas tadi. Untuk itulah, tak ada salahnya bila kalian turut melafalkannya. Langsung aja inilah do’a masuk dan keluar kamar mandi.

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Atau:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillaahi Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Doa pertama didasarkan pada hadits Anas bin Malik radliyallah ‘anhu, beliau berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila masuk ke kamar kecil berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.” (Muttafaq ‘alaih)

Sedangkan doa ke dua di samping hadits Anas di atas juga didasarkan pada hadits Ali bin Abi Thalib radliyallah ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Penghalang pandangan jin terhadap aurat manusia adalah apabila dia masuk ke kamar kecil ia mengucapkan Bismillah.” (HR. Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Kapan dibacanya?

Maksud apabila masuk ke kamar kecil dalam kedua riwayat di atas adalah sebelum masuk ke kamar kecil, bukan ketika sudah berada di dalamnya. Hal ini berdasarkan riwayat al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad dari hadits Anas, beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذَا أَرَادَ أَنْ يَدْخُلَ الْخَلَاءَ قال : اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث 

Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila hendak masuk ke kamar kecil beliau membaca: Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi.

Lajnah Daimah dalam fatawanya, no. 1607, mengatakan:

“Di antara adab Islam, seseorang berdzikir kepada Tuhannya ketika hendak masuk ke kamar kecil atau kamar mandi. Yaitu dengan membaca sebelum masuk:

Allaahumma Innii A’udzu Bika Minal Khubutsi wal Khabaaitsi. Dan hendaknya tidak menyebut nama Allah setelah masuk di dalamnya, tapi harus diam dari menyebut nama Allah ketika sudah masuk.”

Sementara apabila di tempat yang terbuka yang tidak dikhususkan untuk buang hajat, seperti padang pasir dan hutan, maka doa ini dibaca tatkala hendak ditunaikannya hajat seperti ketika seseorang menyingkap pakaiannya. (Syarh Shahih Muslim: 2/92. Subul al Salam: 1/222 dari Maktabah Syamilah).

Hal ini merupakan pendapat jumhur ulama dan mereka mengatakan kalau seseorang lupa membaca doa ini maka ia membacanya dalam hati. (Fathul Bari, 1/307).

Cara membacanya

Doa ketika akan masuk ke kamar kecil dibaca dengan keras (sampai terdengar suaranya oleh orang lain). Hal ini didasarkan pada dzahir hadits Anas bin Malik di atas. (Fiqih Sunnah, bab Qadlaul Haajah: 1/33)

Imam al Shan’ani berkata: dan dzahir hadits Anas, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengeraskan dzikir ini, maka begusnya membacanya dengan keras.” (Subulus Salam: 1/222)

Kenapa harus berdoa dengan doa di atas?

Karena WC dan semisalnya merupakan tempat kotor yang dihuni oleh syetan maka sepantasnya seorang hamba meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar ia tidak ditimpa oleh kejelekan makhluk tersebut. (Asy Syarhul Mumti‘, 1/83)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *