Pesan Penting Buat Muslimah Yang Suka Memakai Parfum

Seperti diketahui, wanita selalu identik dengan berhias, cantik, modis dan semerbak wangi. Apalagi wanita yang berada ditempat umum atau keramaian, atau wanita yang bekerja di luar rumah. Menjadi wangi terkadang bukan lagi sekedar pilihan namun untuk sebagian besar wanita menganggapnya sebagai ‘kewajiban.

Sehingga beragam minyak wangi dengan bau yang beraneka warna, dengan bermacam harga yang bervariasi dari yang termurah sampai sangat mahal pun, bisa sangat laris manis dibeli wanita untuk menunjang penampilannya.

Lalu, sebenarnya hukumnya bagaimana menggunakan minyak wangi ini?

Yang pertama, sangat dianjurkan seorang perempuan memakai parfum yang wangi bila sedang di rumah bersama suaminya. Dengan catatan tidak ada lelaki non mahram lain yang ada di tempat tersebut yang dikhawatirkan bisa mencium wanginya.

Yang kedua, boleh memakai wewangian sekedar untuk mencegah bau badan. Apalagi para muslimah yang berhijab lebar sangat rentan berkeringat dan mengeluarkan bau badan. Misalnya pakai deodoran yang baunya tidak tajam.

“Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak.” (HR. Baihaqi)

Yang ketiga, haram memakai parfum dengan bau mencolok dengan niat sengaja untuk mengundang perhatian lelaki. Ini sering sekali dilakukan para muslimah untuk menarik perhatian lelaki yang ia suka.

“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki (dengan niat) agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad)

Kesimpulan

Jadi, maksudnya wanita dilarang memakai parfum yang tercium oleh laki-laki, yang semerbak wanginya. Apabila menggunakan parfum yang tidak tercium oleh laki-laki, semacam deodoran atau pafrum yang sekedar diletakkan di leher, tidak semerbak wanginya, itu di perbolehkan.

Bunga, ketika kita melihat indah. Tapi sayang setiap mata bisa melihat, setiap kumbang datang bisa mengambil sarinya. Harum tapi haram, karena itu yang dilarang Allah karena wanita adalah perhiasan yang sangat luar biasa, yang hanya boleh dinikmati oleh suaminya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *